Welcome to Abu Darin's Blog. Assalamu Alaikum Warahmatullohi Wabarokatuh.

Blog ini adalah blog tentang Pendidikan, dimana anda bisa Belajar
Tentang Bahasa Inggris dan Juga Tentang Agama Islam, Saya Juga menyediakan Daftar Link sebagai Referensi Untuk di buka/kunjungi dan di pelajari.Selamat Belajar.

Upaya penyaringan terhadap segala hal yang bukan berasal dari ajaran Islam, baik dalam hal Aqidah, Ahkam (hukum) maupun Akhlaq, selayaknya terus dilakukan, agar Islam kembali bersih berseri, murni dalam naungan risalah sebagaimana risalah yang telah diturunkan kepada Muhammad Shalallahu 'alaihi wa Sallam dan diajarkan pada Sahabatnya, yang diteruskan oleh pengikutnya hingga hari kiamat.

Rabu, 10 Maret 2010

BELAJAR = MENCARI ILMU

“ Ilmu itu hanya dapat dikuasai dengan belajar, kecerdikan juga begitu. Barang siapa mengerjakan kebaikan, ia mendapatkannya. Sedangkan barang siapa menghindari kejelekan , ia akan terjauh darinya.” ( H.R . Al-Tabrani dan Al-Daruquthny )

Dari Anas ra Rasulullah Saw bersabda : ”Menuntut Ilmu itu wajib bagi setiap muslim. Orang yang menuntut itu dimohonkan ampunan bagi nya oleh semua mahluk hingga
ikan – ikan yang ada di laut.”(H.R. Abdil Barr).

Adapun ciri belajar yang benar adalah sebagai berikut :
1. Memiliki kehendak yang kuat.
2. Disiplin
3. Berani
4. Rajin,Tekun dan Ulet
5. Sungguh – sungguh
6. Bertahap ( memulai dari yang mudah )
7. Tidak berlebih –lebihan dalam belajar.
8. Kontinyu ( Rutin )
9. Mengambil Pelajaran dari setiap kejadian.
10. Bertanya bila tidak tahu.
11. Tidak malas untuk mengulangi.
12. Mencari waktu yang cocok untuk belajar.
13. Tidak mudah Putus asa / Pantang Menyerah.
14. Banyak bergaul dengan Orang Pandai.

( Untuk memperdalam ilmu kita harus selalu meng ” upgrade/ meningkatkan ” Pengetahuan kita dengan cara lebih mencari ilmu kepada yang ahli dibidangnya ” Kalau kita selama ini hanya memperdalam ilmu ; Misalnya Bahasa inggris kita hanya terbatas kepada Sarjana Bahasa Inggris ” made in ” Baca Lulusan Indonesia Saja maka kita harus memperdalam kepada sarjana Bahasa Inggris Lulusan Luar negeri, negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari – hari.atau langsung kepada native speakernya. Demikian Pula belajar agama Islam, tentunya orang yang telah belajar memperdalam ilmu agama Islam di negara asal ( Timur Tengah seperti Medinah ) dimana Islam pertama kali berkembang/muncul pastilah mereka lebih banyak tau tentang hadist – hadist ( salah satu sumber acuan Hukum Islam ) mana Hadist yamg lemah , palsu dan Shohih karena tentu mereka juga lebih fasih / faham Bahasa Arab nya pastinya mereka lebih banyak memahami makna yang terkandung dalam AL’QUR’AN yang merupakan Kumpulan Firman ALLAH SWT yang disampaikan kepada Rasul nya Nabiullah Muhammad SAW yang notabenenya menggunakan Bahasa Arab. Dibandingkan dengan orang yang belajar hanya kepada nenek moyangnya saja, kepada satu kiayi / ulama saja . Tampa mau membaca Buku buku Agama lainnya , dan mungkin terlalu sombong untuk Belajar lagi kepada Ustadz , Ulama – ulama yang lain. )

” Barang Siapa yang dikehendaki oleh Allah untuk diberi kebaikan, maka orang itu memperdalam Agama Islam ” ( HR.Bukhari & Muslim)

15. Banyak Membaca.
16. Meninggalkan yang tidak berguna bagi dirinya.
17. Tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada.
18. Selalu berprinsip hari ini harus lebih baik dari kemarin dan esok harus lebih baik dari hari ini.
19. Skala Prioritas
20. Selalu Optimis
21. Istirahat yang cukup.



Oleh : Syukri,S.Pd.

Dikutip dari buku Isalmic Quantum ” Meledakkan IESQ dengan Langkah Takwa & Tawakal ” ( Penulis : Mas Udik abdullah : 2005 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar