Welcome to Abu Darin's Blog. Assalamu Alaikum Warahmatullohi Wabarokatuh.

Blog ini adalah blog tentang Pendidikan, dimana anda bisa Belajar
Tentang Bahasa Inggris dan Juga Tentang Agama Islam, Saya Juga menyediakan Daftar Link sebagai Referensi Untuk di buka/kunjungi dan di pelajari.Selamat Belajar.

Upaya penyaringan terhadap segala hal yang bukan berasal dari ajaran Islam, baik dalam hal Aqidah, Ahkam (hukum) maupun Akhlaq, selayaknya terus dilakukan, agar Islam kembali bersih berseri, murni dalam naungan risalah sebagaimana risalah yang telah diturunkan kepada Muhammad Shalallahu 'alaihi wa Sallam dan diajarkan pada Sahabatnya, yang diteruskan oleh pengikutnya hingga hari kiamat.

Rabu, 10 Maret 2010

KISI KISI UN 2010

PENGEMBANGAN KISI-KISI SOAL UJIAN NASIONAL 2009-2010 (BERDASARKAN PERMENDIKNAS NO 75 TAHUN 2009)


Mata Pelajaran : Bahasa inggris……………………….
Jumlah Soal : 50……………………….
Bentuk Soal : Pilihan Ganda
Waktu : 120 Menit


No
Urut Kemampuan Yang Diuji Materi Indikator No.
Soal
1 Menentukan makna Caution
Makna Caution di supermarket/notice di tempat pelayanan umum
Disajikan sebuah caution di supermarket, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna dari caution tersebut dengan tepat 1
2 Menentukan tujuan komunikatif teks pengumuman tujuan komunikatif Announcement di tempat kerja Disajikan sebuah pengumuman (announcement) di tempat kerja, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks tersebut dengan tepat 2
3 Menemukan informasi rinci dalam teks pengumuman informasi rinci tersurat Announcement di tempat kerja Disajikan sebuah teks berupa pengumuman di kantor, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dari teks tersebut dengan tepat. 3
4 Menentukan makna dalam short message
makna Short message tentang berita duka/suka Disajikan sebuah teks berupa pesan singkat tentang berita duka, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna dari teks tersebut dengan tepat. 4
5 Menemukan informasi tersirat dalam short message

informasi tersirat Short message tentang berita duka/suka Disajikan sebuah teks berupa pesan singkat tentang pemberitahuan berita duka, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat. 5
6 Menentukan tujuan komunikatif teks yang berbentuk kartu ucapan

tujuan komunikatif Greeting card tentang keberhasilan seseorang Disajikan sebuah teks berupa kartu ucapan selamat, siswa dapat menentukan jawaban pertanyatentang tujuan komunikatif teks dari teks tersebut dengan tepat. 6
7



Menemukan informasi tersurat dari teks yang berbentuk kartu ucapan

informasi tersurat dalam Greeting card tentang keberhasilan seseorang Disajikan sebuah teks berupa kartu ucapan selamat yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersurat dari teks tersebut dengan tepat. 7


8 Menentukan tujuan dari teks yang berbentuk undangan
tujuan komunikatif dalam Invitation tentang school party Disajikan sebuah teks berupa undangan kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan dari teks tersebut dengan tepat. 8
9 Menentukan informasi rinci dalam teks berbentuk invitation
informasi rinci dalam Invitation tentang school party
Disajikan sebuah teks berupa undangan kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dari teks tersebut dengan tepat. 9
10 Menentukan informasi tersirat dalam teks berbentuk invitation
informasi tersirat dalam Invitation tentang school party
Disajikan sebuah teks berupa undangan kegiatan di sekolah, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat. 10
11 Menemukan gambaran umum teks berbentuk label gambaran umum dalam Label kemasan obat Disajikan sebuah teks berupa label obat, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum dari teks tersebut dengan tepat. 11
12 Menentukan informasi rinci dalam teks berbentuk label informasi rinci dalam Label kemasan obat Disajikan sebuah teks berupa label obat, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci dari teks tersebut dengan tepat. 12
13 Menentukan informasi tersirat dalam teks berbentuk label
informasi tersirat dalam Label kemasan suplemen makanan Disajikan sebuah teks berupa label suplemen makanan, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat. 13
14 Menemukan makna kata dalam teks berbentuk label
makna kata dalam Label kemasan suplemen makanan Disajikan sebuah teks berupa label suplemen makanan, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata dari teks tersebut dengan tepat. 14
15 Menentukan informasi rinci tersurat Informasi rinci tersurat surat pribadi berbentuk E-mail antar teman Disajikan sebuah e-mail, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dari teks tersebut dengan tepat. 15
16 Menentukan informasi tersirat Informasi tersirat dalam surat pribadi berbentuk E-mail antar teman Disajikan sebuah e-mail, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat. 16
17 Menentukan rujukan kata
Rujukan kata dalam Surat pribadi berbentuk E-mail antar teman Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari teks e-mail yang salah satu kata ganti digarisbawahi, siswa dapat menentukan rujukan kata dengan tepat 17
18 Menentukan gambaran umum Gambaran umum teks report tentang tanaman Disajikan sebuah teks report tentang tanaman, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum dari teks tersebut dengan tepat 18
19 Menentukan pikiran utama Pikiran utama dalam teks report tentang tanaman
Disajikan sebuah teks report tentang tanaman, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang pikiran utama suatu paragraf dari teks tersebut dengan tepat 19
20 Menentukan informasi rinci tersurat Informasi rinci tersurat teks report tentang gejala alam (natural phenomenon )
Disajikan sebuah teks report tentang gejala alam (natural phenomenon ),
siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci tersurat dari teks tersebut dengan tepat 20
21 Menentukan makna kata/frasa/kalimat
Makna teks report tentang gejala alam (natural phenomenon )


Disajikan sebuah teks report tentang tanaman,
siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata/frasa/kalimat dari kata yang digaris bawahi tersebut dengan tepat 21
22 Menentukan gambaran umum Gambaran umum teks deskripif tentang kota/negara/land mark Disajikan sebuah teks deskriptif tentang sebuah kota/negara, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum dari teks tersebut dengan tepat. 22
23 Menemukan informasi tertentu Informasi tertentu teks deskripif tentang kota/negara/ land mark Disajikan sebuah teks deskriptif yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang informasi rinci tertentu dari teks tersebut dengan tepat. 23
24 Menentukan makna kata/frasa/kalimat
Makna kata dalam teks deskripif tentang orang ternama Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari teks deskriptif tentang orang terkenalyang salah satu katanya digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang makna kata/frasa/kalimat dari kata yang digaris bawahi tersebut dengan tepat.
24
25 Menentukan rujukan kata Rujukan kata teks deskripif tentang orang ternama Disajikan sebuah kalimat yang dikutip dari teks deskriptif tentang orang terkenalyang salah satu kata ganti digaris bawahi, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang rujukan kata dari kata yang digaris bawahi tersebut dengan tepat. 25
26 Menentukan gambaran umum teks recount. Gambaran umum Recount (shocking experience)

Disajikan sebuah teks berbentuk recount tentang shocking experience, siswa dapat menemukan gambaran umum. 26
27 Menentukan Topik paragraph dari salah satu paragraph dalam sebuah teks recount. Topik pragraph Recount(shocking experience) Disajikan sebuah teks berbentuk Recount tentang shocking experience siswa dapat menemukan topik paragraf.
27
28 Menemukan Informasi rinci dari satu paragraph dalam satu teks recount. Informasi rinci Recount(outdoor activity) Disajikan sebuah teks recount kegiatan di luar, siswa dapat menemukan informasi rinci dari paragraf.
28
29 Menemukan Makna kata dalam sebuah teks recount. Makna kata Recount(outdoor activity) Disajikan sebuah teks recount, siswa dapat menemukan makna kata
29

30 Menentukan gambaran umum dari suatu teks berbentuk narrative. Gambaran umum Narrative (fairy tales) Disajikan sebuah teks Narrative tentang fairy tale, siswa dapat menemukan gambaran umum
30

31 Menemukan rujukan kata yang ada dalam teks narrative. Rujukan kata Narrative (fairy tales) Disajikan teks narrative, siswa dapat menemukan rujukan kata
31

32 Menemukan informasi rinci dari satu paragraph dalam satu teks narrative. Informasi rinci Narrative (fairy tales)
Disajikan teks narrative cerita pendek, siswa dapat menemukan Informasi rinci

32

33 Menemukan Nilai moral baik yang tersurat maupun tersirat teks berbentuk narrative. Nilai moral Narrative (fairy tales) Disajikan teks narrative, siswa dapat menemukan nilai moral dalam teks 33

34 Menemukan gambaran umum dalam suatu iklan Advertisement
( iklan sebuah produk atau jasa) Disajikan sebuah iklan tentang produk dan/atau jasa, siswa dapat menemukan gambaran umum 34

35 Menemukan Informasi tersirat dalam suatu iklan. Advertisement
( iklan produk atau jasa) Disajikan sebuah iklan, siswa dapat menemukan informasi tersirat 35

36 Menemukan Informasi rinci dalam suatu teks iklan. Advertisement ( iklan produk atau jasa) Disajikan sebuah iklan, siswa dapat menemukan informasi rinci 36

37 Menemukan makna kata dalam suatu iklan Advertisement
( iklan produk atau jasa) Disajikan sebuah iklan, siswa dapat menemukan makna kata 37

38 Menentukan ‘purpose’ dalam suatu teks berbentuk procedure. Procedure (membuat sesuatu) Disajikan sebuah teks prosedur tentang membuat sesuatu, siswa dapat menemukan tujuan dari teks 38

39 Menentukan Informasi tertentu dalam teks berbentuk procedure. Procedure
(membuat sesuatu) Disajikan sebuah teks Procedur tentang membuat sesuatu, siswa dapat menemukan informasi tertentu. 39
40 Menentukan makna kata Makna kata teks procedure (membuat sesuatu) Disajikan sebuah wacana procedure tentang membuat sesuatu benda/makanan siswa dapat menentukan makna kata yang tepat 40
41 Menentukan rujukan kata Rujukan kata teks procedure (membuat sesuatu) Disajikan sebuah wacana procedure tentang membuat sesuatu benda/makanan siswa dapat menentukan rujukan kata yang tepat 41
42 Melengkapi paragraph dengan pronoun, adverb of manner ,verb dan adjective Kosa kata pronoun, adverb of manner ,verb dan adjective dalam teks report
Disajikan paragraph rumpang teks report tentang gejala alam siswa dapat melengkapinya dengan kosa kata yang sesuai 42 – 45
43 Menyusun kalimat menjadi paragraph yang bermakna Kalimat acak Disajikan 5 s,d 7 kalimat acak siswa dapat menyusun kalimat tersebut menjadi sebuah paragraph padu bermakna berntuk teks deskriptif 46
44 Menyusun kata acak menjadi kalimat bermakna Kata acak Disajikan beberapa kata acak siswa dapat menyusun kata- kata tersebut menjadi kalimat sederhana bermakna 47
45 Menyusun beberapa kata acak menjadi kalimat imperative Kalimat Imperative Disajikan beberapa kata acak siswa dapat menyusun kata-kata tersebut menjadi kalimat imperative yang bermakna 48
46 Menyusun kata- kata acak menjadi kalimat kompleks Kalimat kompleks Disajikan beberapa kata acak siswa dapat menyusun kata-kata tersebut menjadi kalimat kompleks yang bermakna 49
47 Menyusun kalimat menjadi paragraph yang bermakna Kalimat acak Disajikan 5 s,d 7 kalimat acak siswa dapat menyusun kalimat tersebut menjadi sebuah paragraph padu bermakna berbentuk teks narrative 50

Petunjuk pengisian format kisi-kisi dan kartu soal.
A. Kisi-kisi
1. Kolom 1 diisi dengan nomor urut.
2. Kolom 2 diisi dengan Kompetensi Yang Diujikan, diambil dari lampiran permen Diknas nomor 75 tahun 2009.
3. Kolom 3 isi dengan keterampilan membaca dan menulis sesuai KYD
4. Kolom 4 diisi dengan indikator yang dikembangkan berdasarkan kompetensi yang diuji.
Indikator harus memiliki komponen ABCD (Audience, Behavior, Condition dan Degree)
5. Kolom 5 diisi dengan nomor soal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar